Burung beo hijau, pohon berwarna ungu-biru dan angsa hitam… 

 

Di mana saya berada ? Coba tebak.

Bukan,bukan. Saya bukan lagi pakai “acid” atau zat pengubah pikiran lainnya.

Saya ada di Perth! Ibu kota Western Australia alias Australia Barat.

Dan saya mencintai tempat ini.

 

Perth Fremantle by DOMINIK PHOTOGRAPHY

Pemandangan khas kota Perth


Perth Fremantle by DOMINIK PHOTOGRAPHY

Pemandangan pusat kota Perth

Saya kira burung beo berwarna adalah binatang yang hanya bisa saya lihat di hutan atau kebun binatang. Saya salah!

Di Perth burung beo hijau yang indah ini beterbangan di pusat kota. Binatang itu adalah spesies asli Australia Barat..

Dan ada banyak juga burung-burung menarik lainnya yang beterbangan.

Selagi membicarakan burung, ada “burung aneh” lainnya di Perth. Di sini angsa bukan berwarna putih tapi hitam. Terdapat hubungan yang lebih dalam antara Perth dan angsa. Misalnya, ada lembah Angsa / swan Valley dengan sungai Swan River yang mengalir ditengah kota Perth.

Saya juga melihat patung angsa tembaga di pusat kota. Karena saya tidak terlalu suka ontologi atau cerita rakyat & sejarah, saya tidak mencari tahu lebih lanjut hubungan antara Perth dan angsa.

 

Perth Fremantle by DOMINIK PHOTOGRAPHY

Angsa hitam yang terkenal!


Perth Fremantle by DOMINIK PHOTOGRAPHY

Patung angsa hitam.

 

Pohon Jacaranda

 

Hal yang paling mencolok dari segi warna di sekitar saya jelas adalah pohon Jacaranda. Kita tidak punya pohon itu di Eropa atau di rumah saya di Bali. Jadi, ini adalah pertemuan pertama saya dengan pohon yang indah ini.

Pohon Jacaranda yang sedang mekar adalah pemandangan yang menakjubkan.

Saya beruntung! Pohon-pohon itu semuanya sedang mekar. Dan ada banyak di sekitar Perth. Saat mekar pohon ini bisa menjadi sangat tebal hingga jika Anda duduk di bawah salah satu pohon itu, disekitar Anda akan terlihat berwarna merah muda keunguan. Seolah diterangi oleh sumber cahaya merah muda.

Sebagai fotografer ini adalah fenomena ini sangat mempesona.

Ini juga mengingatkan saya sewaktu muda, ketika sedang teler warna-warna ini mempehgaruhi penglihatan saya…

 

Perth Fremantle by DOMINIK PHOTOGRAPHY

Pohon Jacaranda di taman di Perth


Perth Fremantle by DOMINIK PHOTOGRAPHY

Lebih banyak pohon yang indah ini

Langit biru yang sangat indah!

 

Ngomong-ngomong tentang warna. Warna biru dilangit Perth dan Fremantle membuat saya takjub. Saya penggemar berat langit biru di foto-foto saya. Dan saya punya beberapa trik untuk memperkuat warna biru itu saat saya mengedit foto-foto saya.

Tapi, langit biru di Australia Barat tidak perlu diperkuat. Saya belum pernah melihat tempat di mana langitnya bisa se-biru seperti di Australia Barat. Dan saya tidak punya penjelasan untuk itu.

Perth & Freo diberkati dengan angin yang sejuk dan membuat udaranya bersih. Saya menikmati langit biru itu selama 2 minggu ketika saya di Perth & Fremantle. Tidak ada kabut dan cerah sepanjang waktu.

Berikut beberapa pemandangan langit biru itu:

 

Perth Fremantle by DOMINIK PHOTOGRAPHY

Pemandangan pusat kota Fremantle

Dalam beberapa hari pertama kunjungan saya ke Australia Barat, saya menginap di tempat yang dekat dengan pusat kota Perth. Dari situ saya berpetualang dengan berjalan kaki.

Perth adalah tempat sempurna untuk berjalan-jalan. Salut kepada pemerintah kota Perth yang membuat semua transportasi umum gratis. Menjadikan tempat ini lebih mudah diakses bagi saya.

Saya langsung jatuh cinta dengan taman-taman di Perth. Begitu indah. Semua dengan akses gratis, dipelihara dengan baik dan kosong selama hari kerja. Tempat indah dan penuh ketenangan cocok untuk bersantai.

Taman yang paling mencolok adalah Kings Park. Taman dalam kota terbesar di dunia. Artikel Wikipedia ini mengkonfirmasi ini. Jauh lebih besar dari Central Park di New York yang terkenal.

 

Perth Fremantle by DOMINIK PHOTOGRAPHY

Kings Park – kebun raya

 

Setelah memasuki taman, rasanya seperti taman dalam kota lainnya. Tapi, begitu Anda meninggalkan area depan dan memasuki kebun raya, Anda akan merasa dibawa ke dunia yang berbeda.

Mereka telah berhasil membawa bagian pedalaman Australia yang terkenal ke dalam taman.

Menariknya, beberapa sumber mengatakan kalau King’s Park adalah tujuan paling populer untuk pengunjung di Australia Barat.

Terdengar sangat “area turis” dan penuh dengan orang, kan?

Pengalaman saya justru sebaliknya. Sementara taman depan lumayan penuh, di kebun raya yang juga merupakan bagian dari taman tersebut , saya jarang melihat ada orang lain.

Selama kunjungan saya, saya pindah ke Fremantle atau lebih sering dipanggil Freo. Perth dan Freo seperti sudah menyatu. Menyebut Freo sebagai pinggiran pinggiran kota Perth jelas salah. Tapi, memanggilnya kota tersendiri pun juga tidak benar.

Freo terasa lebih santai dan tidak ada bangunan-bangunan tinggi, membuatnya kurang terasa seperti kota dibandingkan dengan Perth.

Saya beruntung dapat menginap di tempat teman baik saya John Davies dan keluarganya dari 21st Century Video Productions.

Dia dan keluarganya yang ramah menjamu saya dengan sangat baik. Saya meminjam sepeda dari mereka yang saya gunakan untuk berkeliling Freo.

Perth dan Fremantle keduanya memiliki pantai-pantai yang indah. Dan warga lokal sudah terbiasa untuk pergi kerja lewat pantai atau dari pantai.

 

Perth Fremantle by DOMINIK PHOTOGRAPHY

Pantai Cottlesloe di Perth


Perth Fremantle by DOMINIK PHOTOGRAPHY

Pantai Cottlesloe di Perth

 

UNTUK FOTOGRAFER

 

Jika Anda kebetulan ada di Australia Barat, pastikan untuk membawa polarizer bundar dan gunakan selama siang hari. Saya rasa Perth dan Freo adalah tempat ideal untuk lensa wide-angle atau bahkan ULTRA-WIDE. Saya terutama menggunakan lensa 10-22 EF-S di kamera sensor APS-C.

 

Namun, saya akui saya belum bisa menggunakan lensa ini dengan sempurna ketika mengambil foto-foto ini… tapi, itu adalah 10 tahun yang lalu…Dan kalau bisa, bawa juga tele-lens. Semua yang diatas 135 cukup baik. Kenapa? Karena, ada burung-burung berwarna yang tidak bisa saya potret karena saya tidak membawa tele-lens.

 

Pengeditan menggunakan Capture One dan Photoshop. Kenapa Capture One? Pertama, karena itu adalah converter yang bagus dan kedua, tidak ada Lightroom ketika saya mengambil foto-foto ini.

 

Saya akui saya baru melihat sedikit dari Australia Barat. Yaitu Perth, Fremantle dan sedikit Swan valley.

Dan saya sangat menyukainya.

Karena Perth hanya 3 jam penerbangan dari Bali, saya pasti akan kembali suatu saat nanti dan berharap untuk melihat lebih banyak lagi..

Dengan Sungguh DOMINIK

Dominik in Perth

Selfie dari jaman sebelum selfie.

Jika Anda menikmati artikel ini, silahkan bagikan dengan yang lain.

Terima kasih!!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

Share This